Selasa, 03 Mei 2011

KOMUNITAS SEPEDA FIXIE DI JAKARTA

Fixie bisa di bilang sepeda Favorit buat anak" Zaman sekarang lebih nya lagi ga cuma anak - anak remaja aja yang bisa pake fixie, fixie juga bisa dipakai semua golongan ! dari warna - warna nya yang cerah sepeda ini juga sangat minimalis, ringan gampang di bawa kemana aja. pokok ny ok dch buat di bawa Gaul ..

Sekarang Komunitas sepeda FIXIE udh ada diman ajh loh tinggal kita aja yang bisa nyesuain nya dengan bajet 3jt kita bisa ngrakit sepeda Fixie .

Sebenarnya sepeda fixie ada dua macam, yaitu sepeda fixie track dan trick. "Fixie untuk track adalah sepeda fixie yang digunakan untuk digowes untuk balap track atau untuk perjalanan di dalam kota, sedangkan fixie untuk trick adalah sepeda fixie yang digunakan untuk melakukan trick-trick yang sering seperti kita lihat pada atraksi-atraksi sepeda BMX,".

Saya bener bener jatuh hati dengan sepedh ini karna
''Akselerasinya lebih cepat dan lebih hemat energi,'' Spedah ini bisa mengantar aku ke kampus lebih cepat 15 mnt di bandingkan harus naik angkot yg selalu macet di kota jakarta .

Dengan mekanisme gigi mati itu, seluruh energi pada putaran
gear belakang tersalur ke roda tanpa lost. Sepeda pun melaju ringan dengan dorongan momentum percepatan maksimum.

Kini makin banyak penggemar sepeda
fixie yang dulu disebut sepeda doltrap itu. Fixie adalah nama kesayangan untuk fixed gear, yang secara harfiah berarti gear tetap atau gear mati.

Bila dilihat strukturnya, sepeda itu tak ubahnya sepeda biasa. Tetapi, bila diteliti lebih lanjut, ada detail yang berbeda. Misalnya, bentuk dudukan roda belakangnya vertikal, berbeda dari sepeda biasa yang biasanya horizontal. Namun kekhasan sepeda
fixie bukan terletak pada rangkanya, melainkan pada gigi roda yang sudah tetap (fixed).

Dengan gigi roda yang sudah
fixed, putaran pedal selalu selaras dengan putaran gear belakang. Mekanisme ini membuat pedal tidak bisa dalam posisi bebas (coasting), sehingga kaki penunggangnya harus selalu bergerak. Untuk mengurangi laju atau melakukan pengereman, penunggangnya tidak harus bergantung pada rem tangan, tapi bisa dengan mengayuh pedal mundur.

Sepeda
fixie kini menjadi tunggangan kesayangan yang penampilannya dibuat modis. Para pencinta sepeda fixie memadukan fungsi sepeda sebagai alat transportasi yang murah, sehat, dan ramah lingkungan dengan fashion. Sepeda milik para hobbyist ini menampilkan warna-warna menarik. Tak mengherankan, benturan warna-warna ngejreng acapkali ditemukan menghiasi sepeda ini.

Para penggemar sepeda merasakan sensasi yang berbeda ketika mengendarai sepeda fixie. Gerakannya memang tidak selincah BMX, tapi bukan berarti si fixie tak mampu bermanuver. Sepeda fixie bisa menampilkan manuver skid atau stand on bike.

Skid adalah mengerem mendadak dengan memajukan badan sembari mengganjal pedal dengan kaki lurus. Pada titik ekstrem, cara ini membuat roda belakang naik. Sedangkan stand on bike adalah teknik berdiri di atas sepeda, yang pada prakteknya memerlukan keseimbangan.

Dari segi fungsi, sepeda ini lebih mantap dipakai untuk melalap track beraspal mulus dan jarak jauh. Makanya, sepeda ini cocok untuk masyarakat urban seperti di Jakarta. Secara umum, konsep sepeda ini adalah minimalis, murah tetapi modis. ''Motonya, one bike one gear,''

Tidak ada komentar: